Pengalaman bersama GoJek!

Penyebab kisah ini adalah STNK!

Pagi itu.. aku bangun lebih awal dari biasanya, bahkan adzan subuh pun belum berkumandang mataku sudah terbuka karena alarm terus berdengung di telinga. Dengan semangat aku menyambar handuk, karena pagi ini aku punya janji untuk menjemput si mamas di stasiun.

Singkat cerita.. ketika kami sudah bersalaman perpisahan sampai bertemu nanti sore, karena aku sudah tiba di kantor. Ketika aku sudah duduk manis di balik meja kerjaku, aku baru teringat kalo ternyata Stnk masih di dalam dompetku. waakwaaaw! Dia berkendara sampai depok, tanpa stnk 😀

Ternyata dia pun tidak menyadarinya. Akhirnya.. dia memintaku untuk mengantarkan stnk tsb ke stasiun pocin depok. Tapi…aku gak bisa, karena ada meeting rutin di kantor pagi itu.

Tidak kehabisan ide, akhirnya aku pesan GoJek! untuk kirim dokumen. Dan ini pertama kalinya aku menggunakan layanan GoJek!

Sejujurnya..agak harap2 cemas, apakah Stnk yg aku kirimkan akan sampai dengan selamat sampai tujuan?

Ternyata, sekitar satu jam berlalu aku dapat kabar bahwa stnk tersebut sudah tiba dengan selamat. #alhamdulilah

Dan aku nyatakan.. GoJek! is trusted 😀

 

Advertisements

GNOME.Asia Summit 2015

11205083_838605296233708_3137139592974611528_n

This is my story about this event and pardon my broken english 😐

I have trouble with provider internet connection since one month ago which is one of the biggest provider in Indonesia that made me unsubscribe. Accidentally which is one of our sponsor of the event. Haha

The story begin..

I known about this event from Haris, one years ago..he told me about Indonesia will be next venue for GNOME.Asia Summit 2015 and i’m very exiting to be part of that event.

Why am i join?

I’m joining because i have no job (seriously) 😀

Don’t ask me about programming, i didn’t understood about that.

I’m just Linux user, I’m support BlankOn in recent years. Although I just known some of developer BlankOn in personally since 2011 neither gave a big contribute to them.

So i’m applying as a volunteer and to be a local committee. They call me “Miss Ministry of Finance” and on the first day i met Akshai (Speakers of GNOME.Asia Summit 2015 from India), he called me treasure..haha

This is my first time to be part of International event. I’m thankfull and proud to be part of them who brought this event to Indonesia.

Shoes sponshorship from FANS

Shoes sponshorship from FANS

This is my second time get shoes from same manufacturer. I’m so happy because FOSS always give me benefit in my life, such as this shoes. This is originally from Indonesia (my lovely country) and the factory made this with Linux. How’s great!

Day 0 – Thursday, 07 May 2015 | workshop

We were being very busy during the event come closer. We were doing this and that, to made the event be perfect.

Yes absoulutely we have mistakes and minus preparing for this event, because many of our team is newbie including me but we learnt together giving the best.

This is not first day for the event, but this is like a starter. We being more busy today. We split our team be some part of small team, because we must preparing the day of summit during the day of workshop.

IMG_20150507_101304

me, hadi, nida, umul

17246833740_f10950eff4_z

Crowd of workshop at Auditorium Fasilkom UI

other guys do preparing for summit day

Other guys do preparing for summit day at Balairung

Thanks to Infinys for lunch sponsorship at workshop

Thanks to Infinys for lunch sponsorship at workshop

Julita, me, Andre, Olav

End of workshop

End of workshop

Day 1 – Friday, 08 May 2015 | Summit Day

Welcome to the event

Welcome to the event

17991560101_7ba03f294a_z 17990897145_f69b8b0c4d_o

The day starts with registration at reception desk, all of participant doing this for get facilities such as t-shirt, goodies bag, schedule of event, sticker, coupon for lunch and ID card of course.

Participant at reception desk

Participant at reception desk

The summit day was opening with speech from Mr Aidil Chendramata (Ministry of Communication and Informatics)

17579390316_fb37be4011_z

and continued speech from Mrs Mirna Adriani (Dean of Fasilkom Universitas Indonesia)

17418519018_65a6057132_z

All of local committee being more busy this day and we are using handy-talkie for communication with each other.

Standing with Inkscape book banner

Brought handy-talkie and pose beside Inkscape Book banner

Crowd of summit

Crowd of summit

17410112033_c412bffddb_z

With Mba Indah from Fasilkom UI. She helped us so much

 

I was doing some task about payment that we have pay off.

16966275523_f3d466467f_z 17601717321_7d6f6979f1_k

I borrowed Piko’s laptop to made an online payment, that’s why he stand up beside me. Hehe.. Thanks Piko

me and piko

me and piko

We closed the first day of summit with another spirit welcoming next day 😀

17585705511_da581d336f_z 17399216089_3b80c29ac0_z

Accidentally..when i was looking for dinner we met some speakers, so we have dinner together 🙂

We have good dinner at Sate khas Senayan

We have good dinner at Sate khas Senayan

Day 2 – Saturday, 09 May 2015 | Summit Day

We were welcoming this day with happiness

17654875631_e1238f0768_z

We should taping or interviewing some speakers and participant at venue, but we missed it. So we have not more video about this event. So sadly 😦

17512207649_bf3c4a3813_o

 

Actually, I’m so interested to be part of GNOME member, but until now i didn’t know how to start. I didn’t know what my best way to contribute. Anyone could help me explain how i must start?

 

17475720068_aaa8d42bba_z

tobi, kat, siska, me

Some bad things were happened on that day, but over all summit gone well. Such as our lunch were coming very late because of traffic, thanks for participants kindness for waiting patiently 🙂

18093571682_fc700210ac_z

We were so serious listening Kat class. Julita always push me to be part of GNOME member, but I’m so dumb to understand everything about that things 😦

17472420180_0938fded42_z

17683001621_ac914974e8_z

17494896540_3c7e9d0b02_z

17470415360_0ba37f1c9b_z

End of summit

Thanks for all who was coming to GNOME.Asia Summit 2015. Thanks for our sponshorship who made it happened.

17466951368_035b82deb2_z

One day tour

We (local committee and speakers) made one day tour around Jakarta. We went to TMII (Taman Mini Indonesia Indah) and National Monument (Monas). One day tour was so fun 😀

17589090111_fc11d998b0_o 17589085421_93c5f005dc_z

We become a thief #lol

I envy them, they are very sweet couple

17584638641_42232d5154_o

Looked..our hands can’t wait for that fruits *drooling

17401295508_e5e4fe1633_h

in front of Tugu Monas

Looked..how’s our skin very different but we have same soul for FOSS 🙂

17398381269_2f30eeaf0f_o

my hand with butterfly ring

 

 

 

 

 

 

I hate to say good bye with all of your guys. Hope we will meet again someday..

 

all of picture was taken from flickr groups GNOME.Asia 2015

Workshop, 07 Mei 2015 : Gnome Asia Summit 2015

Guys..Daftar yuk!

Gnome Asia Summit 2015 mengadakan Workshop loh

Kamis, 07 Mei 2015 jam 09.00 – 16.00

Lokasi Auditorium Fasilkom Universitas Indonesia Depok

Acara ini terbatas hanya untuk 50 peserta, dan kalian diwajibkan membawa komputer/laptop sendiri yah!

Daftarkan diri kalian melalui 2015.gnome.asia/workshop

GRATIS..!!

*Peserta dipilih melalui syarat unik panitia

poster-workshop

 Saat ini pendaftaran sudah ditutup karena pendaftar sudah penuh. Yeey!! 😀

Cerita : Perpanjang STNK di Samsat tanpa calo

WP_20150310_003

Seringkali kita selalu memilih jalan termudah bila berhubungan dengan birokrasi di negeri ini. Karena memang masyarakat merasa pihak yang katanya memberikan ‘pelayanan’ kepada masyarakat, nyatanya selalu membuat repot masyarakat. Makanya selalu ada calo di tempat umum yang berhubungan dengan ‘pelayanan masyarakat’. Walaupun seringnya terdapat tulisan besar “HATI-HATI CALO”

Aku merasa ‘pelayanan masyarakat’ di negeri ini semakin membaik. Beberapa kali mencoba mengurus sesuatu sendiri dan tidak direpotkan oleh birokrasi yang kompleks.

Kali ini cerita tentang pengalamanku membayar pajak kendaraan di Samsat yg terletak di Mall Artha Gading – Jakarta Utara, tanpa calo. Apa sih syarat-syarat atau dokumen yang harus dibawa?

  1. STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)
  2. BPKB (Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor)
  3. KTP (Kartu Tanda Penduduk)

Fotokopi dokumen tersebut di atas sebanyak satu rangkap. Meskipun biasanya di Samsat ada tempat fotokopi, akan lebih baik jika kamu sudah menyediakannya dari rumah, agar lebih mempersingkat waktu kamu mengantri di sana.

Jangan lupa bawa dokumen ASLI tersebut di atas!

Apa sih yang harus dilakukan jika sudah berada di Samsat?

  • Pertama kamu harus mengisi formulir pendaftaran. Formulir tersebut bisa kamu minta kepada petugas di meja bertuliskan “Pendaftaran”. Jika kamu bingung bagaimana cara mengisinya, kamu bisa melihat papan dinding yang berisi contoh pengisisan formulir. Jika masih ada yg tidak kamu mengerti, bisa tanyakan langsung kepada petugas.
  • Setelah formulir terisi, silahkan lampirkan bersama fotokopi dokumen yang telah disebutkan di atas. Lalu serahkan kepada petugas di meja pendaftaran. Petugas juga akan meminta dokumen asli (STNK, BPKB, KTP) dan meminta kamu untuk melepaskan bungkus STNK lama kamu. Setelah memeriksa BPKB, petugas segera mengembalikan. Maka petugas akan berkata “Silahkan menunggu, akan dipanggil”
  • Ketika petugas memanggil nama kamu, mereka akan memberikan lembaran seperti STNK tapi dalam rangkap tiga. Disitu akan tertulis jumlah yang harus kamu bayarkan. Dan juga mengembalikan KTP milikmu.
  • Antrilah di loket kasir untuk melakukan pembayaran. Sediakan uang pas jika bisa, agar pembayaran lebih mudah.
  • Setelah membayar, kamu masih akan memegang 2 lembar kertas yang menyerupai STNK. Dan silahkan menunggu kembali.
  • Setelah nama kamu dipanggil, maka serahkan lembar biru kepada petugas untuk mendapatkan STNK asli kamu yang telah diperbarui dan lembar yang tersisa dapat kamu simpan.
  • Perjalananmu membuat STNK selesai..
WP_20150310_004

Jadwal Pelayanan

Tips buat kalian jika hendak berhubungan dengan ‘pelayanan masyarakat’ :

  • Berpakaian serapih dan sesopan mungkin. Karena penampilan sangat membantu untuk mengelabui mata. Yang artinya banyak petugas di instansi manapun selalu melihat orang dari penampilan terlebih dahulu.
  • Jangan datang di jam makan siang atau istirahat, karna kamu pasti akan menunggu lebih lama.
  • Siapkan segala dokumen yang dibutuhkan sebelum datang ke pelayanan masyarakat. Sebaiknya sediakan fotokopi dokumen lebih banyak dari yang dibutuhkan, untuk berjaga-jaga.
  • Jangan malu bertanya! Kebanyakan petugas pelayanan masyarakat memang berwajah masam, tapi mereka tidak menggigit saat kamu bertanya. Wajar saja jika wajah mereka seperti itu, mungkin mereka lelah melayani ratusan, bahkan ribuan masyarakat setiap harinya 😀

Dari perjalananku tersebut, hanya menghabiskan waktu kurang lebih 30 menit di Samsat hingga STNK-ku selesai. Mungkin tergantung banyaknya antrian juga yah. Tapi dari yang aku alami, petugas bekerja lebih cepat dan berusaha melayani dengan cepat.

Semoga bermanfaat 🙂

Topik : “Koq gak ngundang-ngundang sih?”

Kalian pasti sering denger kalimat itu kan??

Terutama kalo ada temen, kerabat, sodara, tetangga atau siapapun orang yang kalian kenal mengadakan “Pernikahan” dan kamu gak diundang. Pasti otomatis kamu akan bilang “Koq gak ngundang-ngundang sih?”

Hayoo..tunjuk tangan siapa yang suka ngomong begitu? :p

Aku disini mau berbagi pemikiran tentang kalimat itu, karna mulai bosen juga denger orang yang bilang begitu tiap kali mereka gak dapat undangan. Belum lagi pemikiran negatif yang muncul setelahnya, berasumsi kalo mereka nikah diam-diam karena udah inilah..itulah.. #astagfirllah 😐

Logikanya kenapa sih si empunya “pesta” gak mengundang kamu? Yuk..belajar berfikir positif!!

Pemikiran pertama : Emang kamu pasti datang kalo diundang?

Coba deh kamu tanya kediri kamu sendiri pertanyaan di atas! Karna sekarang harga cetak undangan itu lumayan yah menguras kantong. Belum lagi undangan itu cuma dilihat tanggal & waktu pelaksanaan pestanya, abis itu masuk tempat sampah deh. Sayang banget kan 😦 Kalian pasti tau dong kalo kertas itu terbuat dari pohon, yang mana penebangan hutan itu semakin banyak sekarang ini, tanpa diimbangi oleh penanaman kembali, yang berakibat bumi kita semakin panas karna kekurangan oksigen.

Muncul deh pernyataan : Kan bisa ngundang lewat jejaring sosial, teknologi udah canggih koq?!

Dari beberapa opini teman yang pernah diundang ke acara nikahan lewat jejaring sosial mengatakan : Ah..ngundangnya gak resmi! Masa cuma lewat fb/twit/bbm, males ah dateng. Nah..!!

Pemikiran kedua : Tidak semua orang mampu (ekonomi)

Yang aku lihat saat ini, banyak pasangan yang ragu untuk menikah dengan alasan tidak memiliki biaya & ahirnya menunda-menunda hingga berganti pasanganpun tetap saja belum menikah :p

Padahal konsep pernikahan yang aku baca dari beberapa sumber, terutama dalam Islam bukanlah tentang pesta yang mewah, yah alhamdulilah jika suami kalian mampu membuatkan pesta meriah untuk kalian. Coba deh baca sejarah pernikahan jaman Nabi SAW, untuk mengumumkan pernikahnnya beliau hanya memotong seekor kambing dan memanggil beberapa orang yang dikenal pada walimah pernikahannya, bahkan hanya disediakan gandum & ada juga yang hanya disediakan kurma. Islam juga melarang pesata pernikahan yang berlebihan, sedangkan disana ada sodara kita yang kelaparan tidak kita undang. Nah..!!

Belum lagi jika kalian diundang ke pernikahan sederhana, pasti kalian akan berucap “koq gini doang sih nikahnya?”

Kalo aku yang jadi pengantin, tentu aja aku lebih memilih menikah sederhana & sedikit tamu undangan, dari pada mengundang orang yang berkomentar negatif :p

Lagi pula konsep pernikahan yang sekarang beredar di masyarakat hanyalah konsep budaya, budaya gengsi, budaya pamer harta & menunjukan jika mereka mampu loh membuat pesta. Biasanya sih tuntutan orang tua, yang ingin mengundang kerabat, tetangga, sodara, kolega, teman, dll.

Tapi apa kalian lebih memilih mengadakan pesata yang wah trus pinjem sana-sini demi gengsi yang tinggi dalam mengadakan pesata, namun setelah menikah punya utang sana-sini juga??

Makan tuh gengsi!!

Aku sih lebih memilih pesta sederhana, tapi berkehidupan cukup setelahnya. Karna kehidupan sebenernya itu baru dimulai setelah pesta pernikahan guys!

Jadi..mulai sekarang hargailah mereka yang menikah dengan tidak mengundang kalian, karena pasti mereka punya pemikiran baik lainnya. Do’akan lah mereka agar memiliki pernikahan yang sakinah, mawadah, warohmah. Karna do’a seorang mukmin yang tidak diketahui mukmin lainnya akan di’amin’i oleh malaikat agar yang berdoapun mendapat do’a yang sama. Oleh karena itu berdoalah yang baik, siapa tau kalian yang single cepat menyusul mereka kejenjang pernikahan 🙂

Sehat itu MAHAL

Yah..sehat itu mahal, sungguh..sungguh.. M A H A L !!! Jadi begini ceritanya …

5 Des 2013

Tengah malam, aku terbangun untuk buang air kecil. Ketika mencoba mengangkat tubuh, aku merasakan sakit yang tak terkira di perut bagian bawah sebelah kanan. Aku pikir itu hanya masuk angin, sehingga tengah malam itu juga aku meminta Ibuku untuk membantu mengerok (cara tradisional).

Tapi semua itu tidak membantu menghilangkan rasa sakitnya, sehingga sebisa mungkin aku mencoba untuk memejamkan mata kembali menunggu esok hari untuk diperiksakan ke klinik terdekat.

Klinik Medical Semper, tempat yang aku datangi, karena paling dekat dari rumah. Aku mengatakan keluhanku kepada Dokter, tapi Dokter tidak memberikanku obat, malah memberi surat rujukan agar aku pergi ke rumah sakit yang lebih besar, untuk pemeriksaan lebih lanjut, dengan alasan alat di klinik tersebut tidak lengkap. Dengan sedikit memberi bocoran mungkin aku terkena usus buntu.

Aku langsung menuju RS. Satya Negara Sunter. Alasan aku memilih RS tersebut karena masuk dalam daftar Asuransi Kesehatan yang aku gunakan, dan juga bukan RS Umum Daerah. Yah..sudah menjadi rahasia umum jika pelayanan di RS Umum Daerah tidak memuaskan.

Aku menjalani segenap pemeriksaan, seperti cek darah, cek urine, ronsen & USG. Melelahkan untuk ukuran pasien yang sedang sakit menjalani pemeriksaan tersebut yang menghabiskan waktu, namun dokter belum memutuskan apa penyakitku karena menunggu hasil pemeriksaan. Dokter hanya memberikan segenap resep obat yang harus diminum, sampai waktunya kembali melihat hasil pemeriksaan.

9 Des 2013

Waktunya kembali untuk melihat hasil pemeriksaan. Sakit yang kurasakan sudah tidak seperti hari pertama, mungkin karena bantuan obat yang diberikan Dokter.

Dokter memeriksaku kembali, memberi tekanan pada perutku yang sakit, memintaku untuk mengangkat sebelah kakiku. Yah..masih terasa sedikit sakit. Dokter menyarankan untuk melakukan tindakan Operasi, untuk mengangkat usus buntu yang aku derita.

Aku meminta waktu untuk memikirkan dan berdiskusi dengan keluarga. Dokter bilang jangan terlalu lama, karena akan berbahaya kalau usus buntu tersebut sampai pecah 😐

Akhirnya… aku memutuskan untuk melakukan Operasi, dan Dokter menjadwalkan Jumat, 13 Desember 2013 akan dilakukan tindakan & menyuruhku puasa sejak pagi karena operasi akan dilakukan siang hari.

Jumat, 13 Des 2013

Tiba hari untuk melakukan operasi, jam 7 pagi pihak RS menelponku, memberitahukan bahwa aku belum mendapatkan kamar hari itu, hingga operasi ditunda sampai tersedia kamar/bangsal kosong.

Aku masih bersyukur karena operasiku adalah operasi kecil, aku membayangkan bagaimana jika operasi itu benar-benar penting, sedangkan pihak RS menunda hanya karena si pasien belum mendapatkan kamar. Apakah nyawa seorang manusia tidak begitu penting?

Sabtu, 14 Des 2013

Siang hari ketika aku selesai memasak, pihak RS menelponku dan mengatakan kalau aku mendapat kamar. Aku harus datang ke sana sesegera mungkin, karena operasi akan dilakukan jam 5 sore.

Aku sesungguhnya tidak siap, karena ini pemberitahuan yang sangat tiba-tiba. Detik itu juga aku berhenti untuk makan & minum, puasa dan mempersiapkan keperluan untuk pergi ke RS.

Waktuku sangat terjepit dengan jadwal operasi ketika sampai di sana, persiapanan yang sangat terburu-buru.

Suster membantuku memakai pakaian khusus operasi, memasang infus, memberikan suntikan untuk mengecek alergi, lalu membawaku ke ruang tunggu operasi. Di sana ada satu pasien yang telah lebih dulu menunggu, tapi aku mendengar bahwa dia belum mendapatkan jaminan dana untuk operasi, sehingga harus menunggu sampai ada uang penjamin 😦

Masuk ke dalam ruang operasi, Dokter membiusku tepat ditengah tulang rusuk punggungku, tubuhku mulai mati rasa, kantukpun menyerang. Tidak mengingat apa yang terjadi disana, hanya terdengar suara samar-samar orang berbicara.

2 jam operasi berlalu, aku dipindahkan ke ruang perawatan. Masih belum bisa merasakan apa-apa, bahkan kakiku sendiri rasanya seperti tidak ada. Bukan dingin yang aku rasakan, tapi menggigilpun menyerang. Mungkin efek obat bius.

Aku setelah operasi

Aku setelah operasi

Apakah kalian pernah memakai pempers atau popok atau pispot?

Yah..aku memakainya setelah operasi, tapi tetap saja aku tidak bisa buang air kecil dengan alat itu. Sehingga aku berusaha sekuat tenanga untuk bangun dari tempat tidur dan pergi ke kamar mandi. Sedangkan rasa sakit di perut pasca operasi sangatlah tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata.

Dia yang membuatku rindu ketika di RS

Dia yang membuatku rindu ketika di RS

Aku dapat oleh-oleh untuk dibawa pulang & menjadi kenangan seumur hidupku, bahwa sehat sungguh berharga!!

Usus buntuku

Usus buntuku

Biaya - siapa tau bisa jadi referensi untuk kalian

Biaya – siapa tau bisa jadi referensi untuk kalian

Ternyata Usus Buntu itu bukan disebabkan oleh biji cabe dan semacamnya seperti mitos yang selama ini beredar. Usus buntu disebabkan karena penyempitan usus, gejala awal tanda-tanda usus buntu adalah sembelit atau susah buang air besar. Penyebabnya adalah kebiasaan dari diri sendiri yang sering menahan buang air, baik kecil maupun besar. Jadi mulai sekarang buanglah sampah pada tempatnya dan tepat pada waktunya!! 😉 (Sumber : Dokter yang merawatku selama sakit)

Semoga kita bisa selalu sehat #amin